Rabu, 24 September 2014

TUGAS TIK 3

Hardware dan Software untuk akses internet

Hardware/perangkat keras

Adalah sebuah alat/benda yang terdapat di komputer dan juga memiliki fungsi tertentu.

Perangkat Hardware terdiri dari 3 jenis,yakni :
1.Perangkat Masukan (Input Device)
   Berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer yang berupa teks atau pun gambar, contoh perangkat Input device yaitu: keyboard,mouse,light-pen,scanner,dan lain-lain
2.Perangkat Keluaran (Ouput Device)
   Berfungsi untuk menampung atau menghasilkan data yang sudah di buat,contoh perangkat output device yaitu: monitor dan printer.
3.Perangkat Mengolah Data (Processor)
   Berfungsi untuk Mengolah data,contoh Perangkat Processor yaitu: CPU(Central Processing Unit) dan Mikroprosesor.

Macam-Macam Perangkat Keras/Hardware :

1.CPU(Central Processing Unit)
Adalah alat yang berfungsi untuk memperoses suatu data.Di dalam CPU berisi rangkaian-rangkaian sirkuit yang di gunakan untuk menyimpan intruksi-intruksi pemperosesan  dan penyimpanan data.





2.Monitor
 Adalah alat yang menampilkan hasil  teks/gambar yang sedang di proses oleh CPU dalam pembuatan data.







3.Keyboard
Adalah alat untuk memasukkan data ke dalam CPU dan menampilkannya ke monitor,di keyboard terdapat rangkaian Huruf,Angka dan tombol lainya







4.Mouse
Adalah alat bantu untuk memberi perintah pada cursoryang terdapat di layar monitor  dalam proses pembuatan data.






5.Printer
 

Adalah alat untuk menghasilkan data yang telah di buat baik berupa teks maupun berupa gambar dan di keluarkan oleh Printer berbentuk cetak





6.CD ROM
 
 adalah alat tambahan yang menyimpan,menulisdata maupun program-program lainnya melalui CD (Compact Disk)





7.Compact Disk (CD)
Adalah sebuah media penyimpan yang berbentuk lingkaran yang terbuat dari bahan plastik dan di gunakan untuk penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik




8.Floppy Disk
 
Adalah alat tambahan untuk menyimpan atau menulis kedalam sebuah disket maupun sebaliknya dan ukurannya pun hanya 3,5 inchi.





9.Harddisk
 
Adalah alat tambahan untuk menyimpan data dalam penggunaaan atau pemakaiaan dalam jumblah besar sebagai penyimpanan yang permanen.






10.Scanner

Adalah alat bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya dalam bentuk di gital dan di proses dalam bentuk data yang berupa teks



11.USB Flashdisk
 Adalah tempat penyimpanan data yang kapasitasnya besar dan beragam misalnya 128 MB,40GB dan sebagainya.











12.Modem
     Ada 6 jenis yaitu :
1. Modem Eksternal
   Adalah  yang harganya lebih mahal tapi tidak mudah disambar petir kalau dibandingkan dengan 'internal modem'. External modem adalah lebih baik kerana ianya menggunakan perkakasannya sendiri untuk menjalankan modem fungsi modem tersebut tidak seperti 'software modem' yang lain.







2.Modem Internal

       Adalah modem berjenis kad sirkit digunakan dengan memasang atau melekatkannya pada litar PCI dan  digunakan untuk menampung penambahan kad-kad assesoris pada PC seperti 'sound card', 'graphic card' dan sebagainya.





3.MOdem GSM
Adalah modem Sanggup menangani volume transaksi yang besar,menangani transaksi bertubi-tubi dalam waktu yang singkat dan Lebih awet dan perawatannya lebih mudah.
4.Modem ADSL
            Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara bersamaan.
5.Modem kabel
Adalah modem data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel. perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel.

  Software/Perangkat lunak 

Software/Perangkat lunak
Adalah sekumpulan data elektronik berupa program atau intruksi yang di simpan dan di atur oleh komputer dan software tidak ada bentuknya. fungsi dari Software adalah untuk mengaktifkan atau menjalankan perangkat keras.

Macam-Macam Hardware/Perangkat Lunak

1.Sistem operasi
merupakan penghubung antara pengguna  dengan computer. system operasi yang  sering  digunakan untuk mengakses internet seperti windows, Apple dan Linux dengan semua varians yang dimiliki oleh system operasi tersebut. Sistem operasi yang digunakan harus  disesuaikan dengan perangkat keras yang digunakan.


2.Browser
Adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menampilkan atau melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh layanan web/internet.contohnya:Internet Explorer (IE),Mozilla firefox,Opera dan lain sebagainya

0 komentar:

Posting Komentar